Tugas 5 Desain Antar muka
Dosen : Dr.Drs.Eri Zuliarso,M.KOM
Anggota:
Tjia siska wijaya (15.05.52.0024)
Rahma widiyanti (15.05.52.0011)


Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan

Tujuan Interface:
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.


PERAN ANTAR MUKA (INTERFACE) TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN.
Sistem Informasi Manajemen memiliki sub-sitem informasi. Dimana sub-sistem tersebut mendukung tercapainya sasaran Sistem Informasi Manajemen dan organisasi sebagian dari sub-sistem berperan hanya dalam satu kegiatan atau lapisan manajemen, sementara yang lainya berperan ganda. Untuk itu Berikut ini kami akan menjelsakan bagaimana alur pembentukan subsistem
Pembentukan Subsistem :
1. Factoring (Pengunsuran)
– Dalam pembentukan subsistem, pertamakali harus mengetahui konsep sebuah sistem(yang terdiri dari banyak subsistem).
– Hal tsb menuntut perancangnya untuk mempertimbangkan sistem sebagai suatu keseluruhan.
– Tapi keseluruhan sistem mungkin terlalu besar untuk dianalisis secara terperinci oleh karena itu sistem dibagi atau diuraikan atas subsistem.
– Batasan(boundary) daninterface disetiap sub sistem ditelaah secara cermat untuk menjamin bahwa hubungan semua subsistem adalah keseluruhan. Contoh factoring yaitu: Sebuah pengolahan informasi. Sistem yang ditelaah adalah sistem informasi. Tapi ada terlalu banyak detil didalam sistem untuk dipelajari seluruhnya sekaligus secara cermat.
2. Simplifikasi(Penyederhanaan)
– Setiap subsistem berintegrasi dengan yang lainnya dengan sebuahi nterface disebut jalinan antar personil yang berbeda pekerjaan dan bagian.
– Interface berpotensi untuk berkomunikasi antar subsistem dan setiap interface. mengandung sebuah jalur komunikasi.
– Oleh karena sistem terdiri dari sangat banyak subsistem, maka ada simplifikasii nterface dan komunikasi antar sistem(subsistem-subsistem). Contoh: Rumus banyaknya jalinan= 1/2n(n-1) dimana = banyaknya subsistem dalam sebuah sistem. Misalkan saja 4 subsistem dalam sebuah sistem, maka banyaknya jalinan= ½*4*(4-1) = 6.
3. Cluster (gugus)
– Tentukan subsistem berintegrasi dengan yang lainnya. Kemudian dibuatkan jalur interface dalam gugus database. Jalur interface dari gugus database sebuah subsistem kegugus database subsistem lainnya.
– Sebuah database mengadakan interface dengan program komunikasi data ini melalui interface dbms
– Jadi penggugusan subsistem hanya untuk simplifikasi atau menyederhanakan pola interface (program-program mengakses atau menggunakan) database antar subsistem.
4. Decoupling (pemisahan)
– Metode ini digunakan agar tidak menggunakan analisis interaksi yang tetap. Seperti: 2 subsistem yang berhubungan erat membutuhkan koordinasi yang sangat ketat. Contoh: subsistem persediaan (bahan baku) dan subsistem produksi.
– Bahan baku tiba dipabrik langsung diproduksi. Penyerahan bahan baku harus diatur waktunya dengan tepat. Gunanya untuk: menghindari penundaan dalam produksi, terlalu cepatnya datang bahan baku, tempat penyimpanan dan tenaga pengolahan.

Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
Membuat antar muka pengguna menjadi efisien.
Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai

Manfaat Antar Muka (Interface) pengguna:
Manfaat User Interface untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.


Prinsip Desain User interface:
       User interface desain adalah desain komputer, peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat lunak, dan situs web dengan fokus pada pengalaman pengguna dan interaksi. Tujuan dari user interface design adalah membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna-apa yang sering disebut pengguna desain yang berpusat. User interface design yang bagus memfasilitasi dan menyelesaikan tugas di tangan tanpa menarik perhatian yang tidak perlu pada dirinya sendiri. Desain grafis dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegunaan. Proses desain harus menyeimbangkan fungsi teknis dan elemen visual (misalnya, model mental) untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya operasional saja tetapi juga bermanfaat serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berubah.
Interface design terlibat dalam berbagai proyek dari sistem komputer, untuk mobil, untuk pesawat komersial; semua proyek-proyek ini melibatkan banyak interaksi sama manusia dasar, namun juga membutuhkan beberapa keterampilan yang unik dan pengetahuan. Akibatnya, desainer cenderung mengkhususkan diri pada jenis proyek tertentu dan memiliki kemampuan berpusat di sekitar keahlian mereka, apakah itu perancangan perangkat lunak, penelitian pengguna, desain web, atau desain industri. 


Tipe-Tipe Interaksi Antar Muka (Interface) Pengguna:
Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap    dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa tipe interaksi yang umum      digunakan, yaitu :
1.Command Line Interface (CLI)
Merupakan bentuk dialog interaktif yang pertama digunakan dan masih dipakai    hingga saat ini.
2.Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung kepada  komputer menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam bentuk  singkat maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan cepat fungsi  sistem dan beberapa tools.

3.Menu.
Pada menu-driven interface , sekumpulan opsi / pilihan yang tersedia bagi user  ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan menggunakan mouse atau tombol    numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus merepresentasikan arti dan      dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah dikenali dan memudahkan  user memilih sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan.
4.Natural language.
Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer  tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari. Natural  language dapat mengerti input tertulis (written input) dan suara (speech input).  Namun masih ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks  dan semantik.
5.Q/A & query dialogue.
Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User    diberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak (Y/N),  pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selama  proses interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun terbatas fungsinya.

6.Form-fills and spreadsheet.
Form-fill utamanya digunakan untuk aplikasi pemasukan (data entry) dan  pencarian (data retrieval) data. Bentuk form-fill adalah berupa display yang  menyerupai selembar kertas dengan beberapa slot / field untuk diisi. Spreadsheet  adalah variasi dari form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel yang dapat berisi nilai atau  formula.
7.WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers).
WIMP merupakan default interface untuk sebagian besar sistem komputer    interaktif yang digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop workstation.
Window merupakan area layar yang berprilaku seperti terminal independent dan  berisi grafik atau teks yang dapat dipindahkan dan idiubah ukurannya. Satu layar  dapat terdiri dari lebih 1 window yang memungkinkan lebih dari satu tugas aktif  pada saat yang sama. Icon merupakan sebuah gambar kecil yang digunakan untuk  merepresentasikan windows yang sedang berada dalam keadaan tertutup (closed).  Window dapat diaktifkan / diperbesar dengan meng-klik icon yang bersangkutan,  dan sebaliknya jika user tidak menggunakan / mengerjakan tugas pada satu window  tertentu maka dia dapat menon-aktifkan window menjadi icon yang disebut sebagai  iconifying . Menu adalah tehnik interaksi yang umum digunakan bahkan oleh sistem  non-window sekalipun. Menu menampilkan pilihan operasi atau layanan yang  diberikan / tersedia oleh sistem. User dapat memperoleh petunjuk mengenai operasi  apa saja pada sistem melalui menu. Oleh karena itu penamaan pad amenu haruslah  memiliki arti dan informatif. Pointer merupakan komponen yang penting dalam  sistem WIMP karena interaksi pada sistem ini memerlukan aktifitas menunjuk  (pointing) dan memilih (selecting). User diberikan cursor pada layar yang dapat  dikendalikan oleh peralatan input seperti mouse, joystick,  trackball.

Disini akan ditampilan Desain Antar muka Aplikasi Blush salon&spa sebagai berikut:























Tampilan awal seperti gambar diatas adalah menampilkam tampilan Aplikasi Blush salon&spa untuk log in ke Aplikasi tersebut dan menggunakannya .
Disitu pengguna dapat mendownload Aplikasi Blush dan log in dengan(nama,email,no telefon, dan id email).



















Setelah Customer berhasil loh ig ,Aplikasi salon&spa akan menampilkan Menu Daftar Treatment.Dan customer dapat menginputnya.
















Selanjutnya Setelah Customer berhasil log in pada Menu (daftar Treatment). Aplikasi Blush salon&spa akan menampilkan menu pilihan Treatment,dan salon yang diinginkan.

















Pada menu diatas, digunakan untuk memilih Treatment yang diinginkan. Customer dapat memilih pilihan Treatmenr yng tersedia.
Kemudian pada menu tersebut Admin dapat mengakses pesanan tersebut dan menginformasikan ke pihak salon.
Pihak Salon dapat menginput dan menerima pesanan tersebut.

















Menu ini menampilkan pesanan yang di lakukan Customer. Pada menu ini Customer dapat memesan dengan harga yang sudah di tentukan. Admin dapat mengakses dan menginputnya. Pada menu ini Pihak salon dapay mengetahui  pesanan yang akan diterimanya.

















Selanjutnya menu menampilkan (search) Alamat Customer.
Admin pada menu ini dapat menginput harga jarak tembuh yang dibayarkan Customer.
Salon pada menu ini akan mengetahui alamat yang akan dituju.




















Selanjutnya pada menu ini.
Admin dapat menginput jumlah total harga yang di bayarkan acustomer.
Customer dapat memilih pembayaran.(Transfer atau Cash).  Apabila memilih Transfer maka sistem dengan otimatis akan menampilkan keseluruhan total harga yang akan dibayarkan.





















Tampilan Aplikasi selanjutnya ini.
Admin dapat menginput  dan mengakses Saldo akhir dari customer.
Customer dapat mengetahui saldo akhirnya, dan dapat mengisi / menambahkan saldonya pada menu tetsebut.
Kemudian Pihak salon pada menu tersebut dapat mengetahui profil dari pelanggannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 DFD

Tugas 4 ERD